faktor-faktor yang mempengaruhi mengajar-belajar



Faktor-Faktor yang mempengaruhi proses mengajar-belajar
A.    Kegiatan belajar-mengajar
Kegiatan belajar-mengajar merupakan inti dan pelaksanaan kurikulum Baik-buruknya mutu pendidikan atau mutu lulusan dipengaruhi oleh mutu kegiatan belajar-mengajar. Bila mutu lulusanya bagus dapat diproduksi bagus mutu kegiatan belajar-mengajarnya juga bagus: atau sebaliknya, bila mutu kegiatan belajar-mengajarnya bagus, maka mutu lulusannya juga akan bagus. Kegiatan belajar-mengajar hendaknya dirancang sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa, serta mengacu kepada kurikulum yang telah dikembangkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang kegiatan belajar mengajar antara lain seperti :
1.      Merencanakan Kegiatan Belajar Mengajar
Adapun cara merencanakan belajar-mengajar yang dapat dilakukan, yaitu :
a.       Merencanakan pengelolaan kelas
b.      Merencanakan pengorganisasian bahan
c.       Merencanakan pengelolaan kegiatan belajar mengajar
d.      Merencanakan penggunaan sumber belajar
e.       Merencanakan penilaian
2.      Melaksanakan Kegiatan belajar Mengajar
Adapun cara melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, yaitu :
a.       Menyajikan materi/bahan pelajaran
b.      Mengimplementasikan metode, sumber belajar dan bahan latihan yang sesuai   
dengan kemampuan awal dan karakterisitik siswa, serta sesuai dengan tujuan   pembelajaran
c.       Mendorong siswa untuk terlihat secara aktif
d.      Mendemonstrasikan penguasaan materi pelajaran dan relevansinya dalam
      Kehidupan
e.       Mengelola waktu, ruang, bahan, dan perlengkapan pengajaran.

3.      Membina Hubungan Antarpribadi
a.       Bersikap terbuka, toleran, dan simpati terhadap siswa
b.      Menampilkan kegairahan dan kesungguhan
c.       Mengelola interaksi antarpribadi
4.      Melaksanakan Evaluasi
a.       Melakukan penilaian selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung, baik secara lisan tertulis, maupun melalui pengamatan
b.      Mengadakan tindak lanjut.
B.     Pelaksanaan Kegiatan Belajar-Mengajar
Dalam melakukan kegiatan belajar mengajar akan berbeda baik dalam srategi, kegiatan media, dan metoda dalam setiap pelaksanaannya. Beberapa kegiatan belajar mungkin dilakukan berdasarkan literatur-literatur tertentu, sementara yang lainnya belajar yang sama akan lebih efektif apabila melalui observasi dan eksperimen. Beberapa siswa memerlukan alat bantu tulis untuk mengingat sesuatu, mungkin yang lainnya cukup dengan hanya mendengarkan. Beberapa siswa mungkin memerlukan kertas dari pensil untuk mengingat suatu hubungan tertentu. sementara beberapa siswa lainnya cukup mengingat dengan hanya melihat saja. Beberapa sisa mungkin lebih senang belajar secara individual, sedangkan yang lainnya lebih senang secara berkelompok, Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan dari karakteristik masing-masing siswa. Sehinggah, dalam melaksanakan proses pembelajaran akan mengalami hambatan-hambatan bagi guru dalam melaksanakannya. Sebagai pengajar serta pembimbing, guru perlu memiliki pemahaman yang seksama tentang para siswanya, baik itu tentang segala potensi dan kelemahannya, masalah dan kesulitan-kesulitannya. Serta segala latar belakangnya agar tercapai kondisi seperti itu, guru perlu banyak mendekati siswa, membina hubungan yang lebih dekat dan akrap, melakukan pendekatan serta mengadakan dialog-dialog secara langsung. Karena, baik-buruknya proses kegiatan belajar-mengajar dan tingkat pencapaian hasil proses instruksional itu pada umumnya tergantung pada faktor-faktor yang meliputi :
1.      Karakteristik Siswa
2.      Karakteristik Guru
3.      Interaksi dan metode
4.      Karakteristik kelompok
5.      Fasilitas berupa sarana dan prasarana
6.      Mata Pelajaran
7.      Lingkungan alam sekitar







Dalam proses belajar-mengajar karakteristik para siswa sangat perlu diperhitungkan lantara dapat mempengaruhi jalannya proses dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa. Diantara karakteristik siswa  yang berkaitan dengan proses mengajar-belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1.      Kematangan Mental
2.      Kondisi Jasmani
3.      Kondisi rumah dan status social ekonomi
4.      Usia siswa
5.      Jenis kelamin
Peranan guru sebagai mediator(penghubung/prantara) antara pengetahuan dan keterampilan dengan siswa yang membutuhkannya, sangat berpengaruh serta guru juga harus mampu menjadi fasilitator bagi siswa. Adapun yang menjadi faktor dari karakteristik guru dalam mengajar-belajar, yaitu :
1.      Karakeristik intelektual guru
2.      Kecakapan ranah karsa guru
3.      Usia guru
4.      Jenis kelamin
5.      Kelas sosial  

Dalam setiap proses pembelajaran disekolah sekurang-kurangnya melibatkan empat  komponen pokok yang dapat mempengaruhi proses mengajar-belajar, seperti :
1.                  Individu siswa
2.                  Guru
3.                  Ruang kelas
4.                  Kelompok siswa
       Karakteristik kelompok perlu dipahami oleh para guru untuk dimanfaatkan dalam mengatur pelaksanaan kegiatan mengajar-belajar, baik secara individu maupun sebagai anggota kelompok Hal yang mempengaruhi dari karakteristik kelompok tersebut, meliputi :
1.      Jumlah anggta kelompok
2.      Struktur kelompok (jenis kelamin dan usia siswa anggota)
3.      Sikap kelompok
4.      Kekompakkan anggota kelompok
5.      Kepemimpinan kelompok.
               Dengan adanya fasilitas (kemudahan) dapat mempengaruhi proses mengajar-belajar, meliputi :
1.      Kemudahan fisik yang ada disekolah : kondisi ruangan sekolah, ruang belajar, kelas,bangku, papan tulis dan sebagainya
2.      Kemudahan fisik yang ada dirumah : ruang meja belajar,lampu, rak buku dan sebagainya
               Pengaruh mata pelajaran pada proses mengajar-belajar yang dilakukan oleh guru terhadap siswa dapat terlaksanakan dengan baik apabilA guru mampu menguasai dan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa baik secara teori maupun praktek.
Faktor lingkungan luar (kondisi lingkungan) dapat mendorong kelancaran atau menghambat proses mengajar-belajar yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, meliputi :
1.      Lingkungan sekitar sekolah : keadaan lingkungan gedung sekolah, kondisi masrakat sekitar sekolah, system pendidikan dan sebagainya.
2.      Lingkungan sekitar rumah : Tetangga, Teman sebaya, fasilitas dan sarana umum.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

faktor-faktor yang mempengaruhi mengajar-belajar

kurikulum